Monday, July 27, 2009

TIPS MERAWAT PRINTER AGAR PANJANG UMUR

Printer merupakan benda yang dapat dipastikan anda dikantor atau rumah yang memiliki komputer. Printer merupakan jembatan antara dunia digital dengan dunia real dalam hal printable media (tulisan dan gambar).

Printer adalah perangkat computer related yang manja, selain harus mengisi tinta secara rutin dan tentunya membeli kertas, printer juga memiliki perawatan yang sedikit spesial. Beruntung jika printer kita didukung dengan teknologi infus/CISS (Continuous Ink Supply System) sehingga kita tidak perlu lagi harus membongkar catridge dan menyuntikkan tinta, dengan CISS ketika tinta di status monitor printer dinyatakan habis oleh penghitungnya kita tinggal meresetnya atau pada beberapa tipe printer kita tinggal mematikan printer tersebut kemudian menghidupkan lagi dan tinta dapat terbaca penuh lagi.

Perawatan yang harus diperhatikan pada printer diantaranya adalah
  1. Jauhkan printer dari debu termasuk kertasnya, debu yang masuk ke printer atau lubang pengisian tinta pada botol infus atau menempel pada kertas berpotensi menyumbat nozzle pada catridge. Solusinya adalah tutup setiap lubang pada printer jika printer tidak digunakan bisa dengan plastik atau kain.
  2. Usahakan untuk tidak membiarkan printer tidak terpakai dalam waktu yang lama, jika sedang tidak ada printing work printlah gambar ataupun text dokumen biasa paling tidak sekali sehari, tunjuannya adalah agar tinta yang sudah diujung nozzle tidak beku dan agar sirkulasi tinta tetap lancar.
  3. Matikan printer jika tidak digunakan. Printer yang terlalu lama standby dapat menyebabkan beberapa komponen tertentu kepanasan dan mengakibatkan umur pakai komponen tersebut berkurang.
  4. Gunakan tinta sesuai dengan tipe printer karena tingkat kekentalan tinta berbeda sesuai jenis dan tipe printernya dan jika kita sudah menggunakan salah satu merk tinta maka gunakanlah terus merk tersebut, pencampuran tinta dengan merk berbeda dapat mengakibatkan tinta menggumpal karena ada perbedaan pada bahan kimia yang dikandungnya juga pada tingkat kekentalannya.

Ok itu dulu, silahkan kalau ada yang mau menambahkan ^_^

1 komentar:

Saung Web on October 3, 2009 at 2:25 AM said...

Boleh juga nih tipsnya.. btw.. lam kenal ya.. ini cigugur Kuningan ???

Saung Web

Post a Comment

Please comment and get free dofollow backlink to your blog ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
BLOGGER CIGUGUR Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template