Thursday, November 13, 2008

SOLUSI HARDISK BAD SECTOR

Bad sector merupakan ‘penyakit’ komputer yang cukup parah, komputer bisa sangat lambat dan menyebalkan untuk digunakan, file juga kadang menjadi rusak dan tak terbaca, adakah solusinya selain ganti hardisk?
Solusi pertama adalah dengan menggunakan software semacam hdd regenerator (http://www.dposoft.net/) yang akan mengembalikan informasi magnetik yang ada dalam hardisk tanpa merusak data didalamnya.
Solusi kedua adalah dengan menggunakan Low Level Format (LLF) (hddguru.com) atau menggunakan softaware Maxllf. Format hardisk dengan menggunakan softawre tersebut, data akan hilang, apabila bad sector akan hilang jika masih bersifat magnetik tapi jika sudah berupa fisik yang cacat maka akan tetap ada. Hardisk sesudah di LLF akan sama seperti baru pertama digunakan (iklan pembuat software LLF).
Solusi ketiga setelah solusi kedua belum berhasil adalah dengan menggunakan Partition Magic bisa pakai powerquest (powerquest.com) atau norton atau apapun yang bisa mempartisi hardisk. Caranya adalah dengan membuat partisi baru yang melewati bagian partisi yang ada bad sectornya, misalnya hardisk ukuran 20GB, bad sector ada di tengah misal di sektor ke 9-12 GB maka buat partisi sebelum dan sesudah letak bad sector, jadi partisi C 0-8,5GB dan partisi D 12,5-20GB sementara partisi bagian tengah dihidden. Kelemahannya jika letak bad sector pada awal-awal hardisk sistem operasi Windows XP tidak akan bisa diinstal karena MBR, yang bisa diinstal hanya windows 98 atau linux.
Solusi keempat adalah dengan memanfaatkan board hardisk dan membuang fisiknya atau bagian logamnya kemudian cari pasangannya di bengkel-bengkel komputer.
Solusi kelima adalah dengan membeli hardisk baru dan hdd yang bad kasih ke saya ^_^.

2 komentar:

Anonymous said...

bagaimana saya bisa nyari hdd regenerator???
kebanyakan pada mbayar e mas????

Anonymous said...

HDDRegenerator emang gak gratis tapi ada cracknya kan? dulu saya dapat dari cr**k.am tapi sekarang situsnya Kadang gak bisa diakses, ntar saya upload

Post a Comment

Please comment and get free dofollow backlink to your blog ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
BLOGGER CIGUGUR Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template