Thursday, March 25, 2010

SMADAV ANTIVIRUS REVIEW

SMADAV adalah antivirus buatan lokal yang sangat ampuh membunuh virus lokal maupun interlokal, katanya (^_^). Karena saya belum pernah menggunakannya sama sekali, bukan karena tidak percaya tehadap kemampuan karya pribumi tapi karena awal pertemuan dengan antivirus ini yang tidak menyenangkan, tidak menyenangkan karena ketika suatu hari saya mencolokan flashdisk ke komputer teman yang terinstal SMADAV dan tiba-tiba antivirus ini membuat file dan folder di flashdisk saya tanpa ijin yang parahnya file ini tidak bisa di hapus namun file bisa hilang ketika flashdisk diformat. Alasan ketidaksukaan saya adalah karena flashdisk saya bootable dalam arti bisa menjalankan operating system atau bisa untuk menginstall.
Dua hari yang lalu ada seorang teman saya datang ke rumah dan mengatakan bahwa flashdisknya terkunci, tidak bisa menyimpan data, menghapus juga tidak bisa diformat dan katanya terkunci dari SMADAV antivirus (nah lho). Saya mencoba membantu alakadarnya dengan mencoba fdisk dan format melalui qparted di linux namun gagal. Kemudian saya coba download release terakhirnya dan saya install di komputer saya yang sebelumnya mengaktifkan deepfreeze (karena tidak mau sama sekali ada efek pada komputer), SMADAV dijalankan dan pilih unlock ternyata tidak bisa untuk masalah proteksi terhadap virus saat ini cukup bagus namun saya masih tidak merekomendasikannya karena sepertinya "running under god mode" terutama dalam menangani flashdisk. Hati-hati flashdisknya kayak teman saya. Kesimpulannya : masih banyak alternatif antivirus gratis dengan kualitas proteksi yang lebih, tidak seenaknya membuat file dan bisa update otomatis (SMADAV kalau tidak salah harus premium baru bisa automatic update) semacam avira atau avg dan tidak perlu menginstall 2 antivirus karena komputer akan terbebani.

Tapi salut untuk Zainuddin Nafarin, kalau bisa autorun dan folder SMADAV di flashdisk dihilangkan saja.

0 komentar:

Post a Comment

Please comment and get free dofollow backlink to your blog ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
BLOGGER CIGUGUR Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template