Tuesday, January 27, 2009

Tips Memasang Jaringan Komputer LAN dan Peer To Peer atau Crossover Cable Menggunakan Kabel UTP dan Konektor RJ-45

Dengan semakin besarnya ketergantungan kita terhadap komputer sudah sangat wajar apabila di sebuah ruangan terdapat dua atau lebih komputer, harga sebuah flashdisk memang sudah sangat murah tapi akan lebih mudah jika kita membutuhkan sebuah file di komputer rekan kerja tanpa perlu beranjak dari hadapan komputer yang sedang kita gunakan, lebih mudah juga jika menggunakan sharing printer di jaringan dan tentu saja fungsi jaringan itu sendiri yaitu internet menjadi lebih efisien jika kita menggunakan internet connection sharing.
Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat komputer kita saling terhubung adalah :
• Lancard / NIC (Network Interface Card) atau adapter jaringan
• Kabel UTP dan konektor RJ45
• Crimping Tool
• Hub jika komputer lebih dari dua unit
• Modem untuk menghubungkan dengan internet (opsional)
Yang akan saya bahas disini bukan konfigurasi dan instalasi secara keseluruhan melainkan hanya tips untuk pengkabelan saja, untuk tutorial lengkap saya sarankan di ilmukomputer.com. Kita tahu bahwa kabel UTP memiliki 8 warna yaitu : biru, biru putih, orange, orange putih, hijau, hijau putih, coklat dan coklat putih. Umumnya para admin jaringan menggunakan patokan warna yang 8 tersebut yang susah bagaimana jika kita lupa urutan warnanya? Susah, kalau menurut saya. Yang mudah adalah dengan menggunakan patokan angka, terserah urutan warnanya apa asalkan antara ujung satu dengan ujung lainnya sama, misalkan saya mengurutkan kabel UTP berdasarkan warna paling favorit yaitu, biru, biru putih, hijau, hijau putih, coklat, coklat putih, orange dan orange putih demikian juga dengan yang diujung kabel satunya harus sama dan itu tidak masalah, fleksibel. Bandingkan jika kita harus mengikuti patokan kabel 1 harus warna orange misalkan dan kabel 5 harus hijau, bisa-bisa ujung sebelahnya tidak sama, malah jadi tidak konek tuh komputer. Nah itu tadi untuk jaringan komputer lebih dari dua yang menggunakan hub atau istilah kerennya straight cable, untuk yang crossover cable kita pake rumus 1 ke 3 dan 2 ke 6 beres, kita tidak perlu dipusingkan lagi dengan urutan 8 warna yang saling berbeda di kedua ujung konektor. Perlu ditegaskan disini untuk urutan kabel cross karena memang sedikit membingungkan.
Berikut ini contoh kombinasi crossover cable dengan warna yang bisa anda tentukan sendiri
8 7 6 5 4 3 2 1 urutan ujung pertama
8 7 2 6 5 1 4 3 ujung lainnya.
Nah kalau sudah saling terhubung silahkan sharing semua resource komputer yang ada, untuk yang menggunakan koneksi ke internet dianjurkan untuk mengaktifkan firewall baik itu bawaan operating systemnya atau menggunakan Firewall lain seperti zone alarm.
Untuk sharing file di windows tinggal klik kanan folder atau drive yang akan di sharing kemudian pilih sharing and security, centang share this folder on the network, centang juga allow network users to change my files jika ingin mengaktifkan mode write pada drive atau folder tersebut.
Belum jelas juga? tanya dong ^_^

0 komentar:

Post a Comment

Please comment and get free dofollow backlink to your blog ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
BLOGGER CIGUGUR Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template